Perubahan Hidup untuk lebih Sehat

Perubahan Hidup untuk lebih Sehat

Sabtu, 09 Juni 2012

Pakai GPS-mu untuk Cari Lokasi SNMPTN



Image: corbis.com
Image: corbis.com
JAKARTA - Apakah kamu sudah mengetahui lokasi ujianmu pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Jika belum, segeralah menyurvei lokasi ujianmu agar tidak tersasar ketika ujian.

Cara tradisional yang bisa kamu tempuh adalah dengan mengunjungi langsung lokasi ujianmu, maksimal satu hari sebelum pelaksanaan Ujian Tulis SNMPTN 2012. Cara lain yang bisa kamu tempuh adalah dengan memanfaatkan fiturglobal positioning system (GPS) pada telefon genggam atau perangkat elektronik lain.

Mengapa menyurvei lokasi ujian begitu penting? Menurut Kepala Humas Universitas Diponegoro (Undip) Agus Naryoso, dengan melihat tempat ujian lebih dahulu, para peserta diharapkan tidak salah lokasi dan membuang waktu untuk mencari tempat ujian yang benar. Survei juga akan mencegah peserta dari terlambat karena telah mengetahui rute yang akan dilalui.

"Salah satu faktor untuk lolos SNMPTN adalah kesiapan peserta dalam menghadapi tes. Selain belajar, mengetahui lokasi ujian terlebih dahulu juga diharapkan dapat menjadi salah satu persiapan yang cukup penting," kata Agus dalam keterangan tertulisnya kepada Okezone, Jumat (8/6/2012).

Nah, jadi pastikan kamu mengetahui lokasi ujianmu secara pasti, ya. Sebab, jika kamu salah lokasi, kamu tidak akan diperbolehkan mengerjakan ujian di lokasi yang kamu datangi. Kamu tetap harus pergi ke lokasi ujian yang sudah ditentukan untukmu ketika mendaftar secara online.

Jika ini terjadi, waktumu akan banyak terbuang untuk pergi ke lokasi ujian seharusnya. Belum lagi kamu pun dipastikan akan terlambat mengikuti ujian. Dan peserta yang terlambat tidak akan mendapat tambahan waktu ujian.

"Kami menerapkan pola ini juga untuk mengurangi perjokian dalam SNMPTN," tutur Agus. 

Menurut Agus, peserta Ujian Tulis SNMPTN 2012 di wilayah Semarang akan ditempatkan di kampus Undip Tembalang dan Pleburan, Universitas Negeri Semarang (Unnes), Politeknik Negeri Semarang (Polines), Universitas Semarang (USM), dan beberapa SMA dan SMK di Semarang.

Ujian Tulis SNMPTN 2012 akan digelar secara serentak pada 12-13 Juni mendatang. Sedangkan Ujian Keterampilan akan dihelat pada 14 dan atau 15 Juni di kampus-kampus tertentu.